Selasa, 29 Mei 2012

Solusi Penyelesaian Rubik (ENG-IND)


Pengertian:



-Front = sisi depan disimbolkan dengan huruf “ F ”
-Back = sisi belakang disimbolkan dengan huruf “ B “
-Right = sisi kanan disimbolkan dengan huruf “ R “
-Left = sisi kiri disimbolkan dengan huruf “ L ”
-Up = sisi atas disimbolkan dengan huruf “ U “
-Down = sisi bawah disimbolkan dengan huruf “ D “
       Nantinya tentu sangat sering melakukan suatu gerakan memutar, baik itu putaran searah jarum jam maupun berlawanan arah jarum jam, dan bisa bergerak seperempat lingkaran ( 90 derajat ) atau bisa juga setengah lingkaran ( 180 derajat ). Untuk itu ada simbol-simbol sendiri untuk menterjemahkan gerakan tersebut.
       Misalkan ada perintah bergerak dengan simbol F, artinya harus memutar sisi depan searah dengan putaran jarum jam sejauh seperempat lingkaran ( 90 derajat ).
        Kalau diminta bergerak berlawanan arah jarum jam simbolnya menjadi F’, seperti yang diperlihatkan pada gambar di atas. Kalau ada perintah F’’, ini artinya diputar 180derajat , terserah arahnya boleh searah jarum jam maupun berlawanan dengan arah jarum jam. Sama juga dengan sisi-sisi lainnya dapat diberlakukan hal yang sama. Kalau ada rangkaian perintah FU’R’’ , ini sama pengertiannya sisi depan diputar 90derajat searah jarum jam, kemudian bagian sisi atas diputar 90derajat berlawanan arah jarum jam, kemudian sisi bagian kanan diputar 180derajat. Dengan adanya penjelasan di atas sudah cukup jelas pengertiannya yang nanti pasti banyak ditemukan dalam pembahasan penyelesaian Rubik cube ini. Penjelasan selanjutnya adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.


 
       Langkah pertama yang harus diambil adalah menyusun tata letak warna seperti gambar. Terserah memakai acuan warna apa saja akan tetapi disini dicontohkan dengan mengambil warna putih sebagai titik acuan. Warna putih harus membentuk silang ( cross ) seperti gambar di atas dengan posisi samping harus sesuai dengan warnanya masing-masing. Apabila belum sama, harus dibetulkan terlebih dahulu.Adapun yang warnanya abu-abu, artinya apapun warnanya dibagian tersebut tidak perlu diperhatikan, karena tidak mempengaruhi pekerjaan yang sedang dilakukan pada tahapan ini.

       Yang harus dilakukan dengan melakukan gerakan R’D’R, artinya putar sisi kanan 90derajat berlawanan arah jarum jam, putar sisi bawah 90derajat berlawanan arah jarum jam, putar kembali sisi kanan 90derajat searah dengan jarum jam.
  1  2
 34

       Untuk menyelesaikan warna-warna lainnya juga dengan metode dan perintah yang sama. Sehingga semua warna sesuai dengan gambar berikut :
       Kemudian langkah berikutnya buat salah satu kotak tengah bagian bawah sama,Contoh:
       Posisikan warna biru-merah seperti gambar diatas, kemudian lakukan gerakan seperti ini : 
D F D' F' D' R' D R. Untuk menyusun warna-warna yang lainnya juga harus melakukan metode ini, jadi pada tahap ini hanya ada 2 ( dua ) metode atau langkah yang harus dilakukan DFD'F'D'R'DR dan D’R’DRDFD’F’. Hasilnya seperti:
       Apabila hasil pada Tahap sebelum jika posisinya dibalik, artinya posisi putih ditempatkan di bagian bawah maka kemungkinan bagian kuning berada di atas. Akan tetapi hal ini juga tergantung dari Rubik Cube yang dipakai. Dan posisi warna yang harus dibentuk pada bagian atas yang sudah dibalik tadi harus dalam bentuk silang ( Cross ).
       Dalam tahapan ini penempatan posisi kotak warna secara benar pada bagian sudut-sudutnya, walaupun arah warnanya tidak benar yang penting posisi kotaknya sudah benar seperti gambar di dibawah. Ini merupakan tugas yang harus diselesaikan dalam tahapan ini.
Ada 4 ( empat ) kemungkinan posisi yang terjadi yang harus dipecahkan pada tahap ini:
 

       Seperti pada di atas, ada 4 ( empat ) kemungkinan State yang terjadi, apabila ditemukan posisi State 3, harus diselesaikan dengan langkah-langkah di State 3 tersebut. Dan State yang terjadi tidak mungkin secara bersamaan, tapi salah satu di antara 4 ( empat ) kemungkinan di atas. Apabila langkah-langkah dilakukan secara benar posisi yang terjadi adalah sebagai berikut.
 Pilih salah satu sisi yang mana sudut-sudutnya masih bermasalah seperti contoh dibawah.
       Lakukan langkah-langkah : ( F D’’ F’ R’ D’’ R ) U’ ( R’ D’’ R F D’’ F’ ) U Apabila langkah-langkah tersebut sudah dilakukan tapi arah warna masih pada posisi yang salah lakukan berulang-ulang sampai pada posisi arah yang benar. Yang perlu diingat posisi warna belum tentu sama dengan contoh-contoh di atas, tapi metode atau langkah-langkahnya sama semua.

 Dan hasil akhirnya :

Butuh Kesabaran dalam melakukanya
SELAMAT MENCOBA

 Download PDF yang Lebih Jelas dan Lengkapnya:

-Link : MediaFire



 ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣  ♣
Terimah Kasih kunjunganya jika ada kesulitan cara Download bisa dilihat caranya di laman FAQS dan jika ada kesalahan, Error, Link hilang, atau perlu Direct Link lain bisa mengatakannya dalam Komentar atau Contact Us

♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣ ♣



0 komentar:

Posting Komentar